Headlines

Ketikan nama perusahaan yang anda inginkan sebagai tempat anda bekerja untuk menemukan posisi lowongan yang tersedia



Computer Assisted Test CASN CPNS




Dalam rangka reformasi sistem penerimaan CPNS, rencana tahun 2013 ini penerimaan CPNS akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dimana dengan sistem ini penerimaan CPNS bisa dilakukan setiap hari dan bukan setahun sekali. Sistem ini diprediksi bakal meminimalisir kecurangan dalam penerimaan CPNS.


Manfaat penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Kepegawaian, dan Tes Skala Kematangan. Disamping itu setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Sehingga kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar Jawaban Komputer (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara obyektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT. Dengan demikian Peserta ujian dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung. Contoh bentuk Ujian Sistem CAT, bisa anda dapatkan dalam Paket LKIT 2013, bagian software TPU Khusus CPNS 2013

Jika memang sistem ini diberlakukan, maka CPNS nanti akan berubah nama menjadi CASN yaitu Calon Aparatur Sipil Negara, dimana yang awalnya disebut Penerimaan CPNS berubah menjadi Penerimaan CASN atau Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara.

Wakil Kemenpan, Eko Prasojo menyatakan bahwa pihaknya sedang membangun sistem seleksi ini dan dalam paparannya menyatakan "CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS"

Mekanismenya, Kementrian /Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah mengusulkan kebutuhan pegawai sesuai analisa jabatan dan analisa beban kerja. Setelah ditetapkan formasinya sesuai kekuatan anggaran negara oleh Menteri PAN RB, K/L dan pemda bersangkutan sudah bisa membuka seleksi CPNS-nya.

Jadi setiap pelamar bisa tiap hari ikut tes kompetensi dasar lewat sistem CAT. Tapi setiap tahun hanya dibatasi tiga kali. Jadi kalau saya tidak lulus, saya sebulan lagi ikut, sebulan lagi ikut kembali, tapi maksimal tiga kali. Dari situ bisa ketahuan, apakah yang bersangkutan layak atau tidak. Karena metode CAT hasilnya langsung ketahuan. Pelamar juga biisa mengantongi sertifikasi kompetensi,urainya.

Eko melanjutkan, sistem perekrutan tersebut, setidaknya sudah mulai bisa berjalan pada Juni mendatang untuk seluruh K/L. Sedangkan untuk pemda baru diberlakukan di 12 provinsi. Mengingat masih terbatasnya infrastruktur sistem CAT.

KemenPAN RB menargetkan membangun sistem CAT di 33 provinsi. Bagi provinsi yang luas wilayahnya besar akan ditempatkan tiga atau empat komputer CAT. Dengan demikian pelamar tidak susah untuk mendatangi lokasi tes.

Computer Assisted Test ini telah diuji coba pemakaiannya di Kantor Regional VII BKN Palembang. Dan jika anda ingin mengetahui bentuk Test tersebut anda bisa melakukan pembelian Paket LKIT 2013, karena didalamnya diberikan juga software ujian TPU khusus yang sistem penilaian, timing dan pola pengerjaannya hampir sama seperti Sistem CAT CPNS.

1 comment:

  1. Semoga saja dengan adanya sistem baru CAT, proses peneriman cpns bisa berjalan denan lncar dan terhindar dari kecurangan,,,,

    ReplyDelete